Terbaik bagi Anda, Terbaik bagi Kami

Detil Berita









iklan_kiri9.jpg

Admin Website | Jumat, 13 Nov 2015 10:55 WIB

Sasana Husada Team Seminar Awam




Dalam rangka memperingati Hari Stroke Sedunia pada tanggal 29 Oktober, Tim Fisioterapi Sasana Husada bekerja dengan RS Aminah mengadakan seminar awam dan deteksi dini faktor stroke yang dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Pesanggrahan pada hari Sabtu tanggal 31 Oktober 2015.

Acara tersebut mendapat dukungan sepenuhnya dari Direksi Sasana Husada, Direksi RS Aminah dan Ibu Lurah Pesanggrahan yaitu Ibu Iing Suryati, dengan demikian kami ucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak atas terselenggaranya acara tersebut.

Hal yang dapat dimaknai dari acara tersebut adalah bagaimana masyarakat dapat memahami pengertian stroke, masalah pada stroke dan peran penting terapis fisioterapi dalam penanganan stroke.

Stroke adalah serangan otak yang timbul secara mendadak dimana terjadi gangguan fungsi otak sebagian atau menyeluruh, sebagai akibat dari gangguan aliran darah dikarenakan sumbatan atau pecahnya pembuluh darah tertentu di otak, yang dapat menyebabkan kematian sel sel otak pada manusia dalam waktu relatif singkat.

Masalah yang dapat muncul pada pasien penderita stroke :

  1. Tonus otot abnormal
  2. Gangguan sensorik dan motorik
  3. Gangguan keseimbangan
  4. Kelemahan pada satu sisi tubuh
  5. Gangguan penglihatan
  6. Gangguan kognitif & Memori
  7. Gangguan orientasi waktu dan tempat
  8. Gangguan konsentrasi
  9. Gangguan ADL ( Activity Daily Living ) makan, minum, berpakaian, menulis
  10. Gangguan hubungan seksual
  11. Gangguan emosi
  12. Gangguan berbahasa, bicara dan menelan

Peran terapis fisioterapi yaitu melakukan assesmen, diagnosa fisioterapi, intervensi dan reesesmen problem kelemahan serta ketidakmampuan karena adanya defisit motorik dan sensorik. Tujuan fisioterapi untuk mengembalikan kontrol seluruh fungsi motorik dengan melatih dan mendidik dalam belajar mengontrol gerakan seperi keseimbangan baik statis maupun dinamis, mobilitas, serta berpindah dari tidur, duduk dan berdiri.

Banyak hal yang dapat dipelajari setelah mengikuti kegiatan diatas, semoga di tahun yang akan datang, Tim fisioterapi Sasana Husada dan RS Aminah dapat mengadakan kegiatan serupa dengan tema yang berbeda  yang dapat menambah wawasan masyarakat terkait dunia kesehatan.